DESA BOJONGMALAKA BERKEBUDAYAAN EDUKATIF RELIGIUS KEBERSAMAAN AMANAH HARMONIS

Artikel

BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL 2022

01 Agustus 2022 10:05:33  Administrator  141 Kali Dibaca  Berita Desa

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 dilaksanakan di Indonesia pada bulan Mei dan Agustus. BIAN dilakukan guna meningkatkan cakupan imunisasi yang sempat turun selama pandemi COVID-19. Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, imunisasi seperti campak rubella pada tahun 2021 turun menjadi 58,5%, sedangkan tahun 2019 masih 72,1%.

Capaian imunisasi dasar lengkap juga menurun dari 93,7% pada tahun 2019, menjadi 84,23% di tahun 2020. Apabila kondisi ini terus dibiarkan, maka penyakit-penyakit yang sudah terkendali dapat muncul kembali. Oleh karena itu, BIAN menjadi momentum yang penting agar dapat mengendalikan kembali PD3I (Penyakit-penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi). 

Seperti yang perlu diketahui, bahwa PD3I memiliki angka kematian dan kesakitan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan COVID-19. Misalnya, penyakit difteri yang angka kematiannya bisa mencapai 15%, serta campak yang sangat menular.

Ragam Jenis Imunisasi

Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan kekebalan pada seseorang. Terdapat imunisasi yang bersifat aktif alamiah dan buatan. Imunisasi aktif alamiah didapat ketika seseorang tertular penyakit, contohnya cacar air, setelah sembuh maka seseorang tersebut akan kebal dengan cacar air.

Imunisasi buatan, atau disebut juga dengan vaksinasi, dikembangkan agar seseorang tidak perlu sakit terlebih dahulu untuk menjadi kebal. Vaksinasi dibuat dengan menggunakan vaksin sebagai antigen yang bila masuk ke tubuh akan menimbulkan antibodi atau kekebalan.

Selain itu, terdapat imunisasi pasif, misalnya imunisasi yang diturunkan dari ibu kepada anak. Misalnya, antibodi campak diturunkan dari ibu ke bayi yang baru lahir, hingga sekitar 9 bulan anak masih memiliki antibodi tersebut dari ibunya.

Ketika vakinasi telah berhasil, maka penyakit-penyakit yang mengerikan telah banyak hilang. Hal ini dapat membuat masyarakat kadang tidak menyadari berapa besar bahaya penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin.

"Banyak informasi yang tidak benar soal vaksin, membuat orang gagal paham soal vaksinasi", ujar Bpk Dedi Dermawan Kepala Desa Bojongmalaka dalam menjelaskan salah satu kendala terkait kegiatan imunisasi.

 

 

 

red_rzb

Boma Berkah

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


E-Kalender

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Website Kecamatan Pangalengan Website Star Energy Pangalengan Website Provinsi Jawa Barat
KPBS Pangalengan Website Kabupaten Bandung PT. AGRO JABAR
KOMINFO KEMENDES BPS
KEMENSOS Humas Kab.Bandung HDAS TV SABILULUNGAN

Wilayah Desa

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Bojongmalaka-Jatimekar No 10 , Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung 40375
Desa : Bojongmalaka
Kecamatan : Baleendah
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40375
Telepon : 081222251972
Email : bojongmalakaberkah@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:145
    Kemarin:166
    Total Pengunjung:71.620
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:103.17.183.2
    Browser:Tidak ditemukan